May 222018

Pentingnya Website Desa di Era Modern

Dengan adanya perkembangan teknologi yang besar, tentunya banyak informasi yang bisa kita serap setiap harinya. Dengan inilah maka pihak-pihak seperti pemerintah, organisasi, individu, dan juga swasta harus mampu untuk memberikan informasi yang paling update dengan bantuan media digital. Bahkan pemerintah desa pun juga harus tahu bagaimana caranya bikin web desa. Mereka sebagai lembaga pemerintah harus mampu memberikan informasi yang terkini dan juga layanan yang baik kepada masyarakat.

Domain desa.id yang Bermanfaat

Saat ini memang banyak sekali pemerintah desa yang sedang gencar dalam melakukan revolusi di bidang teknologi. Banyak dari mereka yang harus bisa memberikan layanan dan menyediakan informasi secara online terutama lewat media website. Karena itulah sekarang ada pula domain desa.id yang sangat bermanfaat bagi para pemerintah desa agar bisa memberikan fasilitas bagi desanya untuk mengembangkan layanan dan juga informasi yang berbasis online ini.

Jika pemerintah desa ingin bikin web desa, maka mereka pun mempunyai domainnya tersendiri yaitu desa.id. Karena desa adalah satuan pemerintahan terkecil yang ada di Indonesia, mereka tidak bisa menggunakan domain go.id, karena itulah pemerintah pusat memberikan domain lain yaitu desa.id. Jadi, domain tersebut memang benar diperuntukkan untuk desa.

Syarat untuk Menggunakan Domain desa.id

Namun tidak sembarang orang yang bisa menggunakan atau mendaftarkan domain dengan menggunakan desa.id. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain kartu identitas berupa KTP atau SIM pendaftar yang masih berlaku, SK pengangkatan perangkat desa atau kepala desa yang masih berlaku, surat kuasa dari perangkat desa sebagai pengelola domain tersebut, serta surat permohonan yang sudah ditandatangani oleh sekretaris desa dan juga kepala desa.

Manfaat Website Desa

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari website desa? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat desa jika desa tersebut mempunyai website yang dikelola oleh pemerintah setempat.

  1. Memberikan pelayanan yang lebih baik dari pemerintah desa

Dengan adanya website desa, maka pemerintah desa pun bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya bisa berupa tentang informasi terbaru seputar pelayanan atau apa pun yang berkaitan dengan desa mereka. Dengan adanya media website, maka pihak pemerintah desa pun juga bisa melayani masyarakat secara online.

  1. Promosi daerah yang lebih gencar

Salah satu masalah yang cukup serius di Indonesia dan sampai sekarang masih terjadi adalah masalah pemerataan pembangunan. Memang sudah ada daerah di Indonesia Timur yang merasakan pembangunan, namun masih ada lagi tempat yang belum tersentuh pemerataan pembangunan. Hal ini juga memang dipengaruhi oleh dana pemerintah yang tidak tepat sasaran atau tidak sampai. Selain itu, kurangnya informasi juga merupakan salah satu faktor lainnya. Jika tidak ada informasi tentang kondisi dan situasi dari suatu desa, maka pihak pemerintah pusat pun juga tidak tahu apa yang sedang terjadi di sana.

Namun jika pemerintah desa bikin website desa, maka desa tersebut akan mendapatkan exposure. Desa tersebut juga bisa memberikan informasi bukan hanya kepada pemerintah pusat saja namun juga kepada seluruh orang yang ada di Indonesia. Jadi, desa yang tidak merasakan pemerataan pembangunan bisa memberitahu tentang kondisi desa mereka baik itu sisi positif dan negatifnya bukan hanya secara nasional saja namun juga secara global.

Dengan adanya website desa pula maka desa juga bisa melakukan promosi yang gencar tentang apa saja yang mereka miliki. Mungkin bisa dari UMKM, keunikan, tradisi, ataupun tempat wisata yang ada di desa. Dengan adanya UMKM, budaya, dan kerajinan masyarakat juga akan membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan desa.

  1. Update tentang kegiatan desa

Update tentang kegiatan desa juga penting bagi pemerintah desa. Masyarakat desa setempat juga harus tahu apa saja kegiatan yang sedang berjalan di desa mereka. Apakah sedang ada pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Kegiatan apa saja yang akan dan sudah diselenggarakan oleh pemerintah desa. Dengan adanya website desa, maka masyarakat desa pun akan tahu tentang kegiatan apa saja yang dilakukan oleh pemerintah desa.

Cara Membuat Website Desa

Jadi, bagaimana cara bikin website desa. Yuk, simak beberapa caranya berikut ini. Bagi Anda yang ingin membuat website desa, maka pertama-tama Anda harus mempunyai alamat PNSmail terlebih dahulu. Jika Anda bukan PNS maka Anda masih bisa mempunyai e-mail tersebut. Yang penting Anda mempunyai surat keputusan yang sudah ditandatangani oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa yang menyatakan bahwa Anda telah ditunjuk sebagai pengelola atau admin website desa. Buka website Kominfo untuk membuat PNSmail. Setelah sudah jadi, gunakan e-mail tersebut untuk mendaftarkan domain desa.id. Isi data dengan lengkap. Yang terakhir adalah membayar hosting entah itu per bulan atau per tahun. Maka website desa Anda sudah jadi.


error: Content is protected !!